Pages

Sabtu, 10 Januari 2015

RPP PKn kelas 3

Diposting oleh Kusrini di 01.38



RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Identitas Sekolah               : SDN 09 Sungai Kakap
Mata pelajaran                  : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester                  : III / Genap
Alokasi Waktu                  : 1x pertemuan

I.                   Standar Kompetensi   
4.      Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
II.                   Kompetensi Dasar
4.1  Mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan
III.                   Indikator         
A.    Mendeskripsikan kebhinekaan Indonesia.
B.     Menyebutkan contoh kekayaan alam khas Indonesia
C.     Mencontohkan perilaku ramah tamah
IV.                   Tujuan Pembelajaran
A.      Dengan tanya jawab siswa dapat mendeskripsikan kebhinekaan Indonesia secara jelas.
B.       Dengan mengamati media gambar siswa dapat menyebutkan contoh kekayaan alam khas indonesia
C.       Dengan bermain peran siswa dapat mencontohkan perilaku ramah tamah.
V.                   Karakter Siswa yang Diharapkan
Diharapkan siswa dapat memiliki sikap aktif, berani, tanggungjawab, dan ramah.
VI.                    Materi ajar
Terlampir
VII.                   Alokasi Waktu
3 x 35 menit
VIII.                   Metode Pembelajaran
Diskusi, tanya jawab, pengamatan, role playing
IX.                   Kegiatan Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal  (10 menit)
-          Salam
-          Berdoa
-          Mengabsen kehadiran siswa
-          Mengecek kesiapan siswa
-          Apersepsi. Guru menanyakan beberapa siswa tentang bahasa yang digunakan siswa dirumah.
-          Penyampaian tujuan pembelajaran
B.     Kegiatan Inti
-          Guru menampilkan gambar Burung Garuda (elaborasi)
-          Siswa menyanyikan lagu Garuda Pancasila (elaborasi)
-          Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan mengenai arti dari tulisan Bhineka Tunggal Ika pada lambang Burung Garuda. Guru dapat memberi pertanyaan tambahan untuk mempejelas jawaban siswa (konfirmasi)
-          Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan mengenai contoh-contoh kebhinekaan di Indonesia, seperti agama, suku, bahasa, dan makanan khas (konfirmasi)
-          Satu diantara siswa menyimpulkan hasil pembahasan mengenai kebhinekaan (konfirmasi)
-          Guru menampilkan gambar peta Indonesia dan gambar komodo dan bunga anggrek (elaborasi)
-          Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan berupa contoh lain kekayaan alam Indonesia. Jika siswa mengalami kesulitan guru memberi bantuan dengan menunjuk bagian peta yang menjadi habitat hewan atau tumbuhan khas (konfirmasi)
-          Siswa menyanyikan lagu Nyiur Hijau (elaborasi)
-          Siswa dibagi menjadi 5 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 6 orang (eksplorasi)
-          Tiap siswa diberi naskah pendek untuk diperankan. Masing- masing siswa dalam satu kelompok mendapat peran yang berbeda yang ditentukan oleh guru. Siswa diberi waktu 5 menit untuk memahami cerita (eksplorasi)
-          Guru mengundi untuk menentukan kelompok mana yang akan tampil (elaborasi)
-          Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan tentang sikap yang ditunjukkan oleh tokoh dalam cerita tersebut (konfirmasi)
-          Siswa menyebutkan contoh-contoh perilaku ramah tamah (eksplorasi)
-          Setiap siswa diberi kesempatan berbicara dan menyampaikan pendapatnya (eksplorasi)
-          Satu diantara siswa menyimpulkan hasil diskusi (konfirmasi)
C.     Kegiatan akhir
-          Guru membimbing siswa membuat kesimpulan
-          Guru memberikan evaluasi
-          Refleksi
-          Tindak lanjut
X.                   Penilaian Hasil Belajar
A.    Aspek yang dinilai   : Hasil
B.     Instrumen penilaian : Soal
Soal
1.      Apa arti Bhineka Tunggal Ika?
2.      Sebutkan contoh keanekaragaman di Indonesia!
3.      Bagaimana cara untuk menjaga kerukunan dalam keanekaragaman Indonesia?
4.      Sebutkan 3 contoh hewan khas Indonesia!
5.      Sebutkan 3 contoh tumbuhan khas Indonesia!
6.      Mengapa hewan dan tumbuhan bagian Indonesia timur berbeda dengan hewan dan tumbuhan bagian Indonesia barat?
7.      Sebutkan contoh perilaku ramah tamah!
8.      Apa akibatnya jika tidak memiliki perilaku ramah?
Jawaban
1.      Arti Bhineka Tunggal Ika adalah berbeda-beda tapi tetap satu jua.
2.      Contoh keanekaragaman suku: Batak, Dayak, Jawa, Bugis
Contoh keanekaragaman agama: Islam, Kristen, hindu, budha.
Contoh keanekaragaman bahasa: Bahasa Melayu, Bahasa Jawa, Bahasa Sunda, Bahasa Bugis.
Contoh keanekaragaman makanan: Gudeg dari Yogya, Rawon dari Surabaya, Bubur Manado, Kerak Telor dari Jakarta.
3.      Berteman tanpa pilih-pilih agama, dan suku, tidak mengganggu agama lain yang sedang beribadah.
4.      Hewan khas Indonesia diantaranya Gajah Sumatera, Komodo, dan cendrawasih.
5.      Tumbuhan khas Indonesia diantaranya Raflesia Arnoldi, Anggrek, Bunga Bangkai.
6.      Karena terdapat perbedaan iklim dan pengaruh dari benua tetangga.
7.      Contoh perilaku ramah adalah mengucapkan salam, menyapa, mengucapkan permisi, dan mengucapkan terimakasih.
8.      Contoh akibat yang terjadi jika tidak berperilaku ramah adalah dijauhi teman.
Pedoman Penskoran
No Soal
Skor
1
2
2
2
3
3
4
2
5
2
6
3
7
2
8
3
Jumlah
20

XI.                   Media dan Sumber

A.    Media
Gambar Burung Garuda, Gambar Komodo, Gambar Anggrek, peta Indonesia, slide Power Point.

B.     Sumber Belajar
Bestari, Prayoga, Ati Sumiati. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan Menjadi Warga Negara yang Baik. Jakarta: Depdikbud.
Purwanto, Sudiyanto. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Depdikbud.


Pontianak, 22 Desember 2014


 


0 komentar:

Posting Komentar

 

Kenangan Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea