RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Identitas
Sekolah : SDN 09 Sungai
Kakap
Mata
pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : III / Genap
Alokasi
Waktu : 1x pertemuan
I.
Standar
Kompetensi
4. Memiliki
kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
II.
Kompetensi
Dasar
4.1 Mengenal
kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan
III.
Indikator
A. Mendeskripsikan
kebhinekaan Indonesia.
B. Menyebutkan
contoh kekayaan alam khas Indonesia
C. Mencontohkan
perilaku ramah tamah
IV.
Tujuan
Pembelajaran
A. Dengan
tanya jawab siswa dapat mendeskripsikan kebhinekaan Indonesia secara jelas.
B. Dengan
mengamati media gambar siswa dapat menyebutkan contoh kekayaan alam khas
indonesia
C. Dengan
bermain peran siswa dapat mencontohkan perilaku ramah tamah.
V.
Karakter
Siswa yang Diharapkan
Diharapkan
siswa dapat memiliki sikap aktif, berani, tanggungjawab, dan ramah.
VI.
Materi
ajar
Terlampir
VII.
Alokasi
Waktu
3
x 35 menit
VIII.
Metode
Pembelajaran
Diskusi,
tanya jawab, pengamatan, role playing
IX.
Kegiatan
Pembelajaran
A. Kegiatan
Awal (10 menit)
-
Salam
-
Berdoa
-
Mengabsen kehadiran siswa
-
Mengecek kesiapan siswa
-
Apersepsi. Guru menanyakan beberapa
siswa tentang bahasa yang digunakan siswa dirumah.
-
Penyampaian tujuan pembelajaran
B. Kegiatan
Inti
-
Guru menampilkan gambar Burung Garuda
(elaborasi)
-
Siswa menyanyikan lagu Garuda Pancasila
(elaborasi)
-
Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan
mengenai arti dari tulisan Bhineka Tunggal Ika pada lambang Burung Garuda. Guru
dapat memberi pertanyaan tambahan untuk mempejelas jawaban siswa (konfirmasi)
-
Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan
mengenai contoh-contoh kebhinekaan di Indonesia, seperti agama, suku, bahasa,
dan makanan khas (konfirmasi)
-
Satu diantara siswa menyimpulkan hasil pembahasan
mengenai kebhinekaan (konfirmasi)
-
Guru menampilkan gambar peta Indonesia
dan gambar komodo dan bunga anggrek (elaborasi)
-
Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan
berupa contoh lain kekayaan alam Indonesia. Jika siswa mengalami kesulitan guru
memberi bantuan dengan menunjuk bagian peta yang menjadi habitat hewan atau
tumbuhan khas (konfirmasi)
-
Siswa menyanyikan lagu Nyiur Hijau
(elaborasi)
-
Siswa dibagi menjadi 5 kelompok, setiap
kelompok terdiri dari 6 orang (eksplorasi)
-
Tiap siswa diberi naskah pendek untuk
diperankan. Masing- masing siswa dalam satu kelompok mendapat peran yang
berbeda yang ditentukan oleh guru. Siswa diberi waktu 5 menit untuk memahami
cerita (eksplorasi)
-
Guru mengundi untuk menentukan kelompok
mana yang akan tampil (elaborasi)
-
Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan
tentang sikap yang ditunjukkan oleh tokoh dalam cerita tersebut (konfirmasi)
-
Siswa menyebutkan contoh-contoh perilaku
ramah tamah (eksplorasi)
-
Setiap siswa diberi kesempatan berbicara
dan menyampaikan pendapatnya (eksplorasi)
-
Satu diantara siswa menyimpulkan hasil
diskusi (konfirmasi)
C. Kegiatan
akhir
-
Guru membimbing siswa membuat kesimpulan
-
Guru memberikan evaluasi
-
Refleksi
-
Tindak lanjut
X.
Penilaian
Hasil Belajar
A. Aspek
yang dinilai : Hasil
B. Instrumen
penilaian : Soal
Soal
1. Apa
arti Bhineka Tunggal Ika?
2. Sebutkan
contoh keanekaragaman di Indonesia!
3. Bagaimana
cara untuk menjaga kerukunan dalam keanekaragaman Indonesia?
4. Sebutkan
3 contoh hewan khas Indonesia!
5. Sebutkan
3 contoh tumbuhan khas Indonesia!
6. Mengapa
hewan dan tumbuhan bagian Indonesia timur berbeda dengan hewan dan tumbuhan
bagian Indonesia barat?
7. Sebutkan
contoh perilaku ramah tamah!
8. Apa
akibatnya jika tidak memiliki perilaku ramah?
Jawaban
1. Arti
Bhineka Tunggal Ika adalah berbeda-beda tapi tetap satu jua.
2. Contoh
keanekaragaman suku: Batak, Dayak, Jawa, Bugis
Contoh
keanekaragaman agama: Islam, Kristen, hindu, budha.
Contoh
keanekaragaman bahasa: Bahasa Melayu, Bahasa Jawa, Bahasa Sunda, Bahasa Bugis.
Contoh
keanekaragaman makanan: Gudeg dari Yogya, Rawon dari Surabaya, Bubur Manado,
Kerak Telor dari Jakarta.
3. Berteman
tanpa pilih-pilih agama, dan suku, tidak mengganggu agama lain yang sedang
beribadah.
4. Hewan
khas Indonesia diantaranya Gajah Sumatera, Komodo, dan cendrawasih.
5. Tumbuhan
khas Indonesia diantaranya Raflesia Arnoldi, Anggrek, Bunga Bangkai.
6. Karena
terdapat perbedaan iklim dan pengaruh dari benua tetangga.
7. Contoh
perilaku ramah adalah mengucapkan salam, menyapa, mengucapkan permisi, dan
mengucapkan terimakasih.
8. Contoh
akibat yang terjadi jika tidak berperilaku ramah adalah dijauhi teman.
Pedoman
Penskoran
No Soal
|
Skor
|
1
|
2
|
2
|
2
|
3
|
3
|
4
|
2
|
5
|
2
|
6
|
3
|
7
|
2
|
8
|
3
|
Jumlah
|
20
|
XI.
Media
dan Sumber
A. Media
Gambar
Burung Garuda, Gambar Komodo, Gambar Anggrek, peta Indonesia, slide Power
Point.
B. Sumber
Belajar
Bestari, Prayoga, Ati Sumiati. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan Menjadi Warga
Negara yang Baik. Jakarta: Depdikbud.
Purwanto,
Sudiyanto. 2008. Pendidikan
Kewarganegaraan. Jakarta: Depdikbud.
Pontianak, 22 Desember 2014
0 komentar:
Posting Komentar